Deskripsi Umum

    Berbagai uraian, penjelasan, cerita, ide, contoh, dan bermacam informasi sebagaihasil budaya manusia tersimpandalam tampilan kepustakaan yang ada di perpustkaan. Disana dapat dijumpai buku, majalah, koran, tabloid, film, dan berbagai bentuk rekaman lainnya. Bahan-bahan tampilan kepustakaan itu dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukannya melalui prosedur tertentu.

      Substansi layanan konseling, dan juga kegiatan penunjangnya, sering kali perlu dilengkapi dan diperkuat oleh berbagai bahan yang dapat diambildari tampilan kepustakaan. Uraian,atau cerita yang dapat dibacaataudiikutidari buku-buku,tabloid atau film dapat memperjelas apa-apa yang dibahas di dalam layanan konseling yang dijalani klien.Contoh, ide dan rumus dapat memperkuat dan memantapkan, atau menjadi bahan perbandingan dari apa-apa yang sedang di bicarakan di dalam layanan konseling. Bahan-bahan tersebut memperluas pemahaman dan wawasan klien, serta mempertajam analisis terhadap permasalahan klien. Lelucon yang dapat dibaca, lagudan puisi yang dapat dinikmati dari tampilan kepustakaan bisa mendatangkan suasana rileks pada diri individu atau klien yang bersangkutan.

      Kegiatan pendukung Tampilan Kepustakaan (TKp) membantu klien dalam memperkaya dan memperkuat diri berkenaan dengan permasalahan yang dialami dan dibahas bersama Konselor pada khususnya, dan dalam pengembangan diri pada umumnya. Pemanfaatan tampilan kepustakaan dapat diarahkan oleh konselor dalam rangka pelaksanaan pelayanan, dan/atau kliensecara mandiri mengunjungi perpustakaan untuk mencari dan memanfaatkan sendiri bahan-bahan yang ada di sana sesuai dengan keperluan.

    Tampilan kepustakaan merupakan kondisi yang sangat memungkinkan individu atau klien memperkuat atau memperkaya diri sendiri. Dengan atau tanpa bantuan Konselor, terlebih-lebih pada tahap pasca-konseling,individu yang bersangkutan dapat terus - menerus mengembangkan diri melalui pemanfaatan tampilan kepustakaan.