Deskripsi Umum

Dalam menjalani kehidupan dan perkembangannya, setiap saat individu berada dalam kondisi diri tertentu dan menghadapi serta berinteraksi dengan kondisi lingkungannya. Kondisi diri meliputi berbagai potensi dan keadaan aktual yang ada pada diri sendiri, sedangkan kondisi lingkungan mengandung berbagai kemungkinan yang dapat memberikan dampak positifataupun dampak negatif, tergantung pada penyikapan, penanganan dan pemanfaatannya.

Potensi diri individu baik yang mengacu kepada panca-daya (daya cipta, daya rasa, daya karsa, daya karya, dan daya takwa) maupun mengacu kepada kemampuan intelektual, bakat dan minat, serta kecenderungan pribadi, perlu dikembangkan secara optimal. Kondisi jasmaniah harus mendapatkan perhatian sepenuhnya agar berada dalam kondisi kebugaran yang tinggi sehingga secara sinergik mendukung pengembangan potensi individu. Pengembangan potensi dalam sinerginya dengan kondisi organise-fungsional jasmaniah memerlukan kondisi lingkungan yang memadai.

Namun kondisi yang benar-benar sesuai kadang-kadang tercederai; kondisi mismatch atau kurang serasi atau kurang mendukung justru yang sering dijumpai dan menimbulkan masalah. Misalnya : anak-anak yang pintar berada dalam lingkungan yang kurang menantang dan merangsang perkembangan kecerdasannya; anak-anak yang berbakat tidak memperoleh kesempatan dan suasana yang memadai untuk pengembangan bakatnya; individu yang mengalami kesulitan jasmaniah tertentu mendapatkan kondisi yang justru memperparah dampak kondisi yang kurang menguntungkan itu; dan sebagainya.

Berbagai kondisi mismatch antara kondisi diri individu dan lingkungannya secara amat potensial menimbulkan masalah yang mendatangkan hambatan dan kerugian yang secara berantai dapat semakin besar. Layanan Penempatan dan Penyaluran (PP) membantu individu atau klien untuk dapat terhindat (fungsi pencegahan) dan mengalami mismatch yang dimaksudkan itu. Individu dengan potensi dan kondisi diri tertentu ditempatkan pada lingkungan yang lebih serasi agar potensi yang ada dapat berkembang secara optimal. Disamping itu layanan ini berusaha mengurangi sampai seminimal mungkin dampak lingkungan dan bahkan mengupayakan dukungan yang lebih besar dan optimal terhadap pengembangan potensi individu di satu sisi, dan di sisi lain, memberikan kesempatan dan ruang sebesar-besarnya bagi pengembangan potensi yang dimaksud (fungsi pengembangan). Di tempat yang cocok, diharapkan potensi individu tersalurkan dan berkembang secara optimal.

Selain fungsi pencegahan dan pengembangan sebagaimana dimaksudkan di atas, layanan PP juga dapat di.gunakanuntuk menangani dampak mismatch yang terjadi sebagaimana dikemukakan terdahulu. Dengan layanan PP mereka yang dirugikan atau mismatch tertentu dapat dikembalikan kearah pengembanganysng lebih tepat.


Format Layanan

Format kolaboratif dilakukan konselor dengan cara menghubungi berbagai pihak terkait dalam rangka membuka kesempatan dan dukungan ataupun fasilitas bagi pengembangan lingkungan dengan kondisi yangmenguntungkan subjek layanan. Konselor memilih dengan cermat arah kondisi lingkungan yang dikemukakanklien dan pihak-pihak mana yang perlu dihubungi, serta menentukan dukungan atau fasilitas apa yang diharapkan dari pihak-pihak yang dimaksud.

Format individu dan/atau kelompok dapat juga digunakan sepanjang permasalahan klien berada dalam keterkaitan pribadi atau dalam kelompok tertentu. Format individual dan/atau kelompok itupun setiap kali memerlukan terbinanya hubungan dengan pihak ketiga (di luar klien dan konselor) di mana konselor melakukan kolaborasi.