MENGAPA HARUS CUTI KULIAH ???

    Cuti menurut KBBI adalah meninggalkan pekerjaan beberapa waktu secara resmi untuk beristirahat dan sebagainya. Sedangkan cuti kuliah merupakan masa dimana mahasiswa tidak mengikuti kegiatan akademik sepanjang semester. Mengambil cuti kuliah bukan urusan sepele karena cuti kuliah bukan hanya 1-2 minggu saja melainkan minimal 1 semster atau enam bulan. Cuti kuliah direncanakan dan diajukan kepada pihak kampus sejak jauh hari. Tentu untuk mengajukan cuti ke pihak kampus harus memenuhi persyaratan sesuai kebijakan masing-masing kampus. Adapun syarat untuk mengajukan cuti kuliah pada umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Ada batas waktu pengajuan cuti. Biasanya diajukan paling lambat sebulan sebelum administrasi semester baru.
  2. Biasanya minimal sudah kuliah 2 semester, sebelum semester 2 belum bisa mengajukan cuti.
  3. Masa cuti dibatasi  maksimal 2 semester
  4. Cuti baru bisa dilakukan setelah mendapat persetujuan dari pihak kampus
  5. Otomatis saat cuti akan ada mata kuliah yang tertunda
  6. Jika ingin kembali kuliah di semester berikut, kamu harus melapor terlebih dahulu.
  7. Di sebagian kampus syarat untuk mendapatkan predikat cumlaude adalah lulus tepat waktu.

Ada berbagai alasan seseorang mengambil cuti, diantaranya:

  1. Permasalahan seputar kesehatan, yang membuat seseorang butuh istirahat dalam waktu lama seperti masa penyembuhan dari masalah kesehatan, kehamilan, melahirkan, keguguran, dan depresi.
  2. Pertukaran mahasiswa ke luar negeri. Misalnya kamu dapat kesempatan mengikuti kelas di Universitas Top di Eropa atau di Timur Tengah. Nah cuti kuliah sangat bermanfaat untuk memperkaya ilmu dan pengalaman akademis.
  3. Merasa salah jurusan, namun masih ingin meyakinkan diri, sekaligus mencari jurusan yang cocok. Jadi cuti selain evaluasi kecocokan dengan jurusan yang dijalani, juga untuk belajar menghadapi tes masuk ke jurusan lain.
  4. Alasan lain adalah kerja. Urusan pekerjaan ini memang tidak berhubungan dengan akademik, tapi berhubungan sama penghasilan tertentu. Misalnya dapat kesempatan bisnis, rekaman album dan pekerjaan lainnya. Tapi asal kamu tau banyak orang-orang lulus tepat waktu bahkan 3,5 tahun sedangkan dia sedang bekerja. Tapi bisa juga mahasiswa bekerja karena keharusan alias tidak punya biaya kuliah maka ia cuti demi mengmpulkan uang untuk membayar uang kuliahnya.
  5. Alasan personal seperti ingin mencari ketenangan diri, mengenal diri lebih baik lagi, menikah, masalah keluarga dan lainnya. Butuh refresing dan mencari inspirasi karena udah jenuh bangat sama kehidupan kampus.

    Sebelum mengambil keputusan untuk cuti pikirkan dulu dengan matang keuntungan dan kerugian supaya kamu tidak menyesal nantinya. Biasanya orang yang sudah mengambil cuti kuliah, rasa malas pasti akan datang karena sudah keasyikan berlibur. Kita harus bisa mengendalikan rasa malas yang akan muncul setelah cuti kuliah. Jangan sampai drop out. Kerugian yang paling terasa mengambil cuti kuliah adalah saat teman-temanmu sudah selesai dengan urusan skripsinya sedangkan kamu baru memikirkan judul skripsi. Intinya semakin lama kamu cuti semakin lama pula kamu wisuda. Selain itu kamu akan bertemu dengan adik-adik di bawahmu. Mungkin kamu akan malu dan risih dengan pendapat mereka tentang mengambil mata kuliah yang sama dengan mereka.     
    Selain itu, kamu juga harus kembali beradaptasi dengan atmosfer kampus yang baru. Bahkan teman-teman seangkatan juga menjadi canggung jika bergabung denganmu. Karena banyak bahasan mereka yang berbeda, seringkali kamu hanya terdiam saat mereka berdiskusi tentang kuliah yang mereka dapat. Perbedaan jadwal kuliah juga semakin membuatmu menjauh dari teman-teman seangkatanmu, alhasil kamu menjadi semakin tersisih dari pergaulan. Intinya, kamu harus memiliki dua kali semangat dari teman-temanmu untuk mengejar kembali pelajaran yang tertinggal. Terakhir adalah Rugi Usia. Tekanan terkait usiamu yang semakin menua, dan kamu menjadi terlambat lulus tentu menjadi beban. Lingkungan sekitar mulai dari tetangga hingga sanak famili akan bertanya tentang kelulusanmu, terlebih jika kamu memiliki saudara sebaya denganmu, tentu akan menambah penderitaanmu. Mereka tak peduli alasan dan seberapa sulit kuliah atau situasi yang kamu hadapi, mereka hanya tau satu hal, kamu telat lulus/wisuda.
    Sebenarnya cuti kuliah masih jauh lebih baik dibanding berhenti atau tidak kuliah alias berhenti di tengah jalan. Intinya, kuliah ataupun tidak kuliah lakukanlah dengan sepenuh hati dan tidak setengah-setengah, kalau sedari awal kami memang memutuskan untuk bekerja maka lakukanlah dengan sepenuh hati begitu juga dengan yang masih berkuliah agar suatu saat kamu bisa memetik hasil dari kerja kerasmu.

Sebelum saudara memutuskan cuti kuliah, UPT pelayanan BK siap menerima saudara secara offline dan online untuk konsultasi dan konseling sehingga mengambil keputusan untuk cuti kuliah adalah pilihan yang tepat. 

SUMBER:

http://unp.ac.id/sites/default/files/2019-Peraturan Kegiatan Akademi Siap utk dishkan.pdf

https://rencanamu.id/post/jurusan-dan-perkuliahan/cuti-kuliah-ketentuan-dan-serba-serbinya

https://www.kompasiana.com/mmshidqi/555614b5739773ec2a0501b4/hai-calon-mahasiswa-jangan-pernah-berpikir-cuti-kuliah

https://kbbi.web.id/cuti