Banyak hal yang harus dipersiapkan oleh calon mahasiswa, jika ingin kuliah di perguruan tinggi. baik itu kampus negeri maupun swasta. Terlebih pada masa pandemi virus corona seperti sekarang ini, calon mahasiswa harus benar-benar siap untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi dengan mengikuti perkuliahan berbasis internet (daring/online). Kuliah berbasis internet (daring/online) dimana peserta dapat mengakses materi, berinteraksi dengan materi, pengajar dan pembelajar lain, untuk memperoleh dan memaknai pengetahuan, serta mengembangkan diri lewat pengalaman belajar. Beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh  mahasiswa dalam menghadapi kuliah berbasis internet (daring/online) antara lain:


    1. Kesiapan mental untuk kuliah mandiri.  Ini sangat penting bagi calon mahasiswa. Pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), kamu cenderung mempunyai jadwal pelajaran yang padat dan   mendapat pengawasan penuh dari guru. Namun, hal tersebut tidak berlaku dalam pendidikan tinggi, khususnya saat masa pandemi seperti ini. Kamu dituntut untuk mendisiplinkan diri sendiri melalui kuliah daring dan belajar mandiri di luar jadwal perkuliahan. Dengan kata lain, di sini kamu dituntut untuk menjadi raja atas dirimu sendiri. Kamu dapat menentukan keputusan apa yang terbaik untuk dirimu; mendengarkan penjelasan dosen atau justru tidak sama sekali.


    2.  Calon Mahasiswa juga harus punya mimpi dan komitmen untuk mengalokasikan waktu belajar.  Kuliah di universitas biasanya ditempuh selama 4 tahun untuk jenjang S1. Maka mimpi harus dicapai agar bisa lulus kuliah dan punya bekal ilmu sesuai harapan. Menjalankan perkuliahan daring tidak berarti kamu dapat terlepas dari kewajiban sebagai mahasiswa. Catat setiap jadwal perkuliahan daring yang sudah diberikan dosen dan tempelkan pada tempat yang mudah dijangkau oleh mata. Selain itu, tentukan juga waktu belajar mandiri di rumah karena perkuliahan daring tidak akan cukup untuk membuatmu tampil unggul. Jadi tetapkan waktu sekitar 1-2 jam setiap hari untuk belajar mandiri melalui buku, e-book, jurnal, dan sumber lainnya


    3. Siapkan ruangan belajar yang nyaman dan kondusif. Selain niat dan motivasi yang kuat, efektivitas pembelajaran daring juga sangat dipengaruhi oleh ruangan belajar yang nyaman dan kondusif. Temukan bagian rumah yang dapat menjauhkanmu dari berbagai distraksi dan menjagamu tetap konsentrasi. Ruangan ini bisa di mana saja, baik di kamar tidur, sofa, dan lainnya. Kamu pun dapat melakukan sedikit penataan untuk membuatnya lebih nyaman dan menarik.


    4. Sediakan alat penunjang pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran daring menuntut adanya kelengkapan alat penunjang sebagai media dan sarana penyampaian pesan. Alat-alat ini mencakup berbagai hal, seperti laptop, smartphone, media untuk back-up data, hingga jaringan internet yang stabil. Selain itu, meskipun melakukan pembelajaran secara daring, kamu juga perlu melengkapi diri dengan buku dan alat tulis, sehingga dapat memudahkanmu saat hendak mempelajari materi pelajaran secara mandiri.


    Pandemi corona ini diprediksi masih berlangsung lama. Maka pembelajaran daring akan terus dilakukan di semua kampus. Untuk itulah di masa pandemi corona ini, calon mahasiswa juga harus siap mengikuti pembelajaran daring. Ini juga bagian dari tuntutan mengikuti perkembangan zaman seperti Revolusi Industri 4.0 seperti sekarang ini. Jadi jangan khawatir, tetap tenang, semangat untuk lanjutkan pendidikan walau harus dengan metode kuliah daring.