Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

Deskripsi Umum Himpunan Data

Data merupakan gambaran atau keterangan atau catatan tentang ada dan keadaan sesuatu. Data yang menyatakan Amir berumur 17 tahun, artinya adalah bahwa tercatat dan dapat diterangkan bahwa umur Amir 17 tahun; dari segi umur perkembangan Amir dapat digambarkan sebagai remaja yang berumur 17 tahun. Data lain menyebutkan bahwa di UNP ada jurusanBK dan program PPK. Artinya ialah bahwa di Universitas Negeri Padang (UNP) ada lembaga pendidikan yang bernama Jurusan Bimbingan dan Konseling (disingkat BK) dan Program Pendidikan Profesi Konselor (disingkat PPK); atau dapat diterangkan bahwa di UNP ada jurusan BK dan Program PPK; atau diketahui bahwa di UNP ada jurusan BK dan Program PPK. Demikian seterusnya apa yang ada, atau diterangkan atau digambarkan dapat dicatat sebagai data. Oleh karena itu, banyaknya dan jenisnya data dapat tidak terhingga dan setiap kali berkembang.

Untuk keperluan tertentu berbagai jenis data dapat dihimpun; digolong-golongkan dan dikemas dalam bentuk tertentu. Itulah yang secara harfiah dinamakan himpunan data (commulatif record). Data yang terhimpun itu tentulah tidak mencakup segala sesuatu yang telah ada, apalagi yang mungkin ada. Dari segi jenis dan jumlahnya, data yang terhimpun itu masih sangat terbatas, dan untuk tujuan tertentu pula data yang terhimpun itu harus dikembangkan sehingga cakupannya semakin luas seiring dengan luasnya tujuan yang diemban oleh diadakannya himpunan data itu.
Dalam rangka pelayanan konseling, diadakannya himpunan data terkait dengan berbagai seluk-beluk pelayanan itu sendiri, terutama terkait dengan fungsi pelayanan, bidang pelayanan, dan kegiatan pelayanan konseling. Dengan kata lain, dalam rangka pelayanan konseling, suatu unit himpunan data dapat dilihat kelengkapannya den kogunaannya dari segi fungsi, bidang dan kegiatan pelayanan konseling. Di sekolah misalnya, mutu himpunan data untuk pelayanan konseling dapat dianalisis dengan menjawab pertanyaan:

  1. Apakah himpunan data yang ada itu dapat secara efektif mendukung terselenggaranya fungsi-fungsi pelayanan konseling?
  2. Apakah himpunan data yang ada itu mencakup berbagai data yang diperlukan untuk menyelenggarakan kegiatan dalam semua bidang pelayanan konseling ?
  3. Apakah himpunan data yang ada itu dapat menunjang secara efektif penyelenggaraan semua layanan dan kegiatan pendukung konseling ?

Meskipun jawaban ideal terhadap ketiga pertanyaan tersebut tidak pernah dapat diperoleh, namun upaya harus selalu dilakukan agar himpunan data yang ada selalu dikembangkan dan dilengkapi untuk sebesar-besamya memenuhi kebutuhan mereka yang perlu memperoleh pelayanan konseling. Konselor berkewajiban menyelenggarakan upaya tesebut.

Download Template Joomla 3.0 free theme.